Peribahasa Yang Akan Meningkatkan Kepercayaan Diri

Peribahasa Yang Akan Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kumpulanperibahasa.web.id – Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa peribahasa adalah ungkapan yang mengandung makna mendalam. Peribahasa sering kita dengar dari guru kita, orangtua kita, dan bahkan dari pasangan kita. Peribahasa sering kita jumpai sehari-hari dan beragam pula jenisnya tapi kebanyakan dari kita apatis dan enggan untuk meresapi makna dari peribahasa tersebut, padahal dalam sebuah peribahasa terdapat pesan yang sangat bernilai. Bisa saja peribahasa itu dapat merubah pandanganmu yang stagnan terhadap dunia selama ini dan membuatmu lebih percaya diri. Berikut peribahasa yang akan meningkatkan kepercayaan diri yang akan membuatmu sadar bahwa percaya diri itu penting,

1. Kalau kotoran jatuh ke tumpukan emas, kotoran itu yang dibuang tapi kalau emas jatuh ke tumpukan kotoran, emas itu yang diambil
Peribahasa ini memberikan pelajaran bagi kita semua bahwa hanya dirimulah yang menentukan kehidupanmu. Kamu tidak perlu minder ketika kamu tidak diterima di kampus favorit dan perusahaan ternama karena dua hal itu takkan pernah bisa menjamin kesuksesanmu. Perlu kamu sadari bahwa kampus ternama tidak lebih hanya sebagai batu loncatan, bukan tempat kamu berpijak selamanya.

Seseorang hanya akan sukses apabila memiliki kemauan untuk merubah dirinya sendiri. Jadilah pribadi yang berharga layaknya emas dan buatlah perbedaan otentik dalam dirimu sehingga sekalipun kamu berada di kubangan yang kumuh, mereka pasti akan mengetahuimu karena dunia akan tetap tahu kemampuan yang bernilai.

2. Air hanya mengalir ke tempat yang lebih rendah
Kita sering menjumpai orang-orang yang mengatakan, “biarlah hidupku mengalir seperti air”, asumsi itu cukup menyesatkan karena asumsi “hidup mengalir seperti air” akan membuatmu malas untuk berbuat dan berkarya.

Perlu kamu sadari bahwa air hanya mengalir ke tempat yang lebih rendah. Oleh karena itu, ubahlah pola pikir seperti itu sehingga kamu bisa terhindar dari keadaan yang membuat kamu jatuh ke titik terendah dalam hidupmu. Pikiran itu sangat besar pengaruhnya buat kehidupanmu dan jangan sampai kamu salah dalam berpikir, apalagi salah dalam berprinsip.

3. Duduk sama rendah, berdiri sama tinggi
Manusia itu pada dasarnya sama di mata Tuhan dan yang membuat mereka berbeda adalah pandangan mereka sendiri. Jadi, kamu jangan pernah pesimis terhadap dirimu sendiri. Kesuksesan orang lain yang kamu lihat selama ini, bisa juga kamu raih karena manusia itu pada hakikatnya sama, asal kamu mau mengikuti cara berjuang mereka.

Selain itu, yang membedakan manusia satu dengan lainnya ialah keimanannya dan usaha kerasnya. Oleh karena itu, percaya dirilah untuk melakukan segala hal meski seluruh manusia mencemooh apa yang kamu lakukan.

Baca Juga : Manfaat Jika Kamu Rajin Menulis Puisi

4. Walau seribu anjing menyalak gunung takkan runtuh
Peribahasa ini mengandung arti bahwa prinsip kuat seseorang tak akan hancur hanya dengan cacian orang lain. Semua orang punya prinsip hidupnya masing-masing dan diantara mereka ada yang teguh memegang prinsipnya dan ada juga yang setengah-setengah.

Memegang teguh prinsip hidup masing-masing itu penting karena prinsip yang kamu pegang adalah jalan hidup yang kamu pilih dan kamu harus mempertanggungjawabkan apa yang sudah kamu pilih. Dari sini, kita belajar tentang sikap optimis dan percaya diri karena tanpa kedua hal tersebut, kamu hanya akan hidup dalam rasa takut dan malu yang berkepanjangan.

5. Ciri sabumi cara sadesa
Peribahasa ini merupakan peribahasa sunda yang maknanya “beda tempat beda pula kebiasaanya”. Perlu kamu tahu bahwa tiap tempat punya adat dan kebiasaannya masing-masing, orang jawa dikenal karena keuletannya, orang sunda karena keluwesannya, orang sumatera karena ketegasannya dan lain sebagainya.

Mereka punya warna masing-masing dan untuk membuat dirimu sukses ialah kemampuanmu dalam membangun kekhasan dirimu yang membedakannya dari orang lain. Selain itu, kamu bisa belajar dari adat dan kebiasaan tiap daerah guna membentuk pribadi yang matang.

Related posts