Peribahasa Bahasa Inggris yang Wajib Kamu Ketahui

Peribahasa Bahasa Inggris yang Wajib Kamu Ketahui

Kumpulanperibahasa.web.id – Berbicara tentang peribahasa, peribahasa dalam bahasa Indonesia yang mungkin terlintas di pikiranmu adalah ‘ada gula ada semut’, ‘besar pasak daripada tiang’, atau ‘ada udang di balik batu’. Tidak hanya dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga memiliki banyak peribahasa yang dapat digunakan dalam berbagai situasi percakapan. Peribahasa atau dalam bahasa Inggris disebut proverb merupakan kelompok kata atau kalimat yang menyatakan suatu maksud atau keadaan seseorang, atau bahkan mengandung nasihat kehidupan yang biasanya diperoleh dari pengalaman dan akal sehat.

Perlu kamu ketahui, penutur asli bahasa Inggris (native English speakers) sering menggunakan peribahasa dalam percakapan sehari-hari meskipun tidak mereka sadari. Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, perlu banget nih buat kamu untuk tau dan belajar peribahasa-peribahasa bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa pepatah bahasa Inggris umum yang bisa kamu gunakan dalam situasi tertentu agar bahasa Inggrismu terdengar seperti native English speakers.

1. When in Rome, do as the Romans
Peribahasa ini memiliki arti yang sama dengan peribahasa bahasa Indonesia “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung” yang artinya kamu disarankan untuk mengikuti atau menghormati adat istiadat dari area tempat yang kamu kunjungi atau tinggali.

2. Don’t judge a book by its cover
Peribahasa ini pasti sering kamu dengar kan? Peribahasa ini memiliki arti sesuatu tidak selalu seperti yang terlihat. Peribahasa ini mengajarkan kamu untuk tidak membuat penilaian tentang orang lain atau apapun karena penampilan atau pakaian mereka.

3. Practice makes perfect
Kamu bisa menggunakan peribahasa ini untuk mendorong seseorang melakukan sesuatu berkali-kali sehingga mereka akan belajar melakukannya dengan sangat baik dan menguasainya. Dari peribahasa ini maka kamu harus rajin belajar dan berlatih ya supaya bahasa Inggrismu semakin jago!

4. Two wrongs don’t make a right
Peribahasa berarti bahwa ketika seseorang melalukan sesuatu hal yang buruk padamu, kamu tidak boleh memiliki alasan untuk melakukan hal yang buruk juga karena mencoba membalas dendam hanya akan memperburuk keadaan.

Baca Juga : Cerpen Berjudul Yang Hilang Bersama Hujan

5. No man is an island
Peribahasa ini akan menyadarkanmu bahwa tidak ada satu pun orang yang dapat mencapai apa pun sendirian atau tidak dapat hidup sepenuhnya mandiri dan membutuhkan bantuan orang lain untuk menjadi lengkap, dan individualisme itu hanya dapat bertahan sampai titik tertentu.

6. Better late than never
Peribahasa ini mengajarkan bahwa lebih baik melakukan sesuatu dengan terlambat daripada menyesal karena gagal melakukannya tepat waktu dan berpikir bahwa itu tidak dapat dilakukan lagi. Eits… dengan peribahasa ini jangan kamu jadikan alasan untuk menunda atau telat melakukan suatu hal yang baik selagi kamu memiliki peluang dan kesempatan ya!

7. Actions speak louder than words
Sangat mudah untuk mengatakan sesuatu atau membuat janji, tetapi membutuhkan usaha untuk melakukan berbagai hal dan menindaklanjutinya sehingga tindakan lebih penting daripada ucapan kata-kata atau janji. Dengan tindakan lebih mengungkapkan karakter sejati seseorang.

Related posts