Peragaan Membaca Puisi

cara membaca puisi

Kumpulanperibahasa.web.idPelajaran ini merupakan proses pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks laporan hasil observasi.

Pembelajaran teks ini dimaksudkan untuk membantu peserta didik mengembangkan wawasan pengetahuan melalui kegiatan meneroka alam semesta agar terampil berpikir kritis dan kreatif serta mampu bertindak efektif menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan nyata. Sebelum kalian mempelajari teks laporan hasil observasi, bacalah puisi berikut dengan saksama.

Burung-Burung Enggan Bernyanyi Lagi

Bising gergaji mengoyak sepi dari hutan

Pohon-pohon tumbang

Mobil-mobil besar menggendongnya

Tergesa-gesa ke kota

Gunung dan lembah luka parah

Kulitnya terkelupas

Erang sakitnya merambah ke mana-mana

 

Burung-burung kehilangan dahan dan ranting

Enggan bernyanyi lagi

Bila pun ada tegur sapa di antara mereka

Tentulah pertanyaan yang menyesakkan

Ke mana kita harus mengungsi?

Pohon-pohon perdu dan melata itu

Bukanlah tempat tinggal yang ideal

Kita perlu gunung yang teduh

Lembah yang indah

Bukan yang luka parah begini

Karya: Mh. Surya Permana

Baca juga : Sejarah Cerpen Di Indonesia

Apa maksud puisi tersebut? Apa pula yang dapat kalian rasakan ketika membacanya? Pesan apa yang kalian peroleh? Lalu, apa hubungannya dengan tema kita pada pelajaran ini? Coba kalian diskusikan dengan teman-teman kalian.Alam semesta adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang diperuntukkan bagi manusia agar dijaga dan dipelihara. Sebagai ciptaan Tuhan, alam tidak boleh dirusak oleh manusia, misalnya dengan menebang pepohonan sembarangan yang
3Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademikmenyebabkan rusaknya keseimbangan lingkungan, seperti yang digambarkan dalam puisi tersebut. Di lingkungan alam, manusia hidup bersama-sama dengan makhluk hidup yang lain, yaitu hewan dan tumbuh-tumbuhan. Selain makhluk hidup, di alam semesta juga terdapat benda mati, seperti batu dan air. Alam semesta juga diciptakan Tuhan bagi manusia sebagai sarana untuk memperoleh ilmu pengetahuan melalui pendidikan. Pada pelajaran ini kalian akan diajak gemar meneroka atau menelusuri alam semesta beserta isinya melalui teks laporan. Teks laporan (yang dalam bahasa Inggris disebut report) berisi penjabaran umum mengenai sesuatu yang didasarkan pada hasil observasi.

Sebenarnya, teks laporan dan teks deskripsi berbeda. Perbedaan yang paling menonjol di antara keduanya terletak pada sifatnya, yaitu bahwa teks laporan bersifat global dan universal, sedangkan teks deskripsi bersifat unik dan individual.

Kegiatan 1 Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan juga disebut teks klasifikasi karena teks tersebut memuat klasifikasi mengenai jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Setelah menyelesaikan pelajaran ini, kalian diharapkan dapat membangun teks laporan yang benar.Teks laporan sering dianggap sama dengan teks deskripsi. Sebenarnya teks laporan dan teks deskripsi berbeda. Perbedaan yang paling menonjol di antara keduanya terletak pada sifatnya. Teks laporan bersifat global dan universal, sedangkan teks deskripsi bersifat unik dan individual. Untuk melaporkan kehidupan harimau, misalnya, kalian dapat mulai dengan membuat klasifikasi jenis harimau, kemudian memaparkan bentuk fisik, ciri, habitat, dan kebiasaan hidup harimau itu.Teks deskripsi menitikberatkan uraian bentuk, ciri, dan keadaan sesuatu yang dideskripsikan untuk tempat dan waktu tertentu. Teks laporan lebih menekankan pada pengelompokan berbagai hal ke dalam jenis sesuai dengan ciri setiap jenis pada umumnya. Selain itu, teks deskripsi berkaitan hanya dengan hubungan antara keseluruhan dan bagian-bagiannya, sedangkan teks laporan berkaitan dengan hubungan berjenjang antara sebuah kelas dan subsubkelas yang ada di dalamnya.Selama pelajaran ini berlangsung, kalian diminta untuk mengerjakan tugas tambahan membaca buku. Carilah buku yang berisi laporan tentang keindahan alam Indonesia. Bacalah buku itu, lalu tuliskanlah hasil baca buku kalian.Pada kegiatan ini kalian diajak mencermati teks laporan dengan topik yang berkaitan dengan alam, manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Untuk itu, beberapa teks pendek akan disajikan serta dianalisis menurut struktur teks dan ciri kebahasaannya.

Tugas 1 Membaca Teks “Makhluk di Bumi Ini”

Bacalah teks pendek yang berjudul “Makhluk di Bumi Ini” berikut. Sebelum membaca teks, kalian diskusikan terlebih dahulu tugas berikut ini dalam kelompok yang terdiri atas tiga sampai lima orang.

(1)Amatilah benda-benda yang ada di sekitar kalian, baik benda hidup maupun benda mati. Apakah benda hidup dan benda mati saling bergantung? Berilah penjelasan secara singkat!

(2)Cobalah membuat pengelompokan benda-benda itu, lalu diskusikan dasar pengelompokan yang kalian gunakan!

(3)Carilah kata-kata yang maknanya sama dengan kata mengelompokkan!

(4)Hewan termasuk ke dalam kelompok apa?
5Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik

(5)Manusia termasuk ke dalam kelompok apa?(6)Ketika benda-benda hidup dikelompokkan menjadi dua, yaitu tumbuh-tumbuhan dan hewan, ada anggapan bahwa manusia adalah hewan yang dapat berpikir. Apakah maksud ungkapan tersebut dan mengapa ada anggapan demikian?

Related posts

Leave a Comment