Pengertian Puisi

Pengertian Puisi

kumpulanperibahasa.web.id – Puisi adalah suatu karya sastra yang isinya merupakan ungkapan perasaan seorang penyair yang menggunakan bahasa yang mengandung rima, irama, dan ritma pengusunan pada baitnya. Sehingga pesan yang disampaikan akan lebih dari di mengerti dan berbeda dengan uangkapan bahasa biasa.

Baca juga : Contoh Prosa Bahasa dalam Cerpen

Ada juga yang menyebutkan pengertian puisi adalah suatu karya sastra yang isinya mengandung ungkapan kata-kata bermakna kiasan dan penyampaiannya disertai dengan rima, irama, larik dan bait, dengan gaya bahasa yang dipadatkan.

Beberapa ahli modern mendefinisikan puisi sebagai perwujudan imajinasi, curahan hati, dari seorang penyair yang mengajak orang lain ke ‘dunianya’. Meskipun bentuknya singkat dan padat, umumnya orang lain kesulitan untuk menjelaskan makna puisi yang disampaikan dari setiap baitnya.

Puisi juga adalah uatu karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan memfokuskan semua kekuatan bahasa dalam sebuah struktur fisik dan struktur batinnya.

Baca juga : Pengertian Prosa Bahasa

Unsur pada puisi

1. Tema/ Makna (sense)

2. Rasa (feeling)

2. Rasa (feeling)

4. Tujuan (intention)

Struktur Fisik

1. Perwajahan Puisi (tipografi)
2. Diksi
3. Imaji
4. Kata Konkret
5. Gaya Bahasa
6. Rima/ Irama

Related posts

Leave a Comment