Pengertian Prosa Bahasa

kumpulanperibahasa.web.id – Kata Prosa sendiri berasal dari bahasa latin yang berarti “Terus Terang” . Prosa sendiri berbeda dengan puisi karena variasi ritme yang di miliki prosa lebih besar.

Jenis tulisan prosa biasanya digunakan untuk mendeskripsikan suatu fakta atau ide. Karenanya, prosa dapat digunakan untuk surat kabar, majalah, novel, ensiklopedia, surat, serta berbagai jenis media lainnya.

Baca juga : 4 Jenis Peribahasa di Keseharian

Prosa juga dibagi dalam dua bagian, yaitu prosa lama dan prosa baru, prosa lama adalah prosa bahasa indonesia yang belum terpengaruhi budaya barat, dan prosa baru ialah prosa yang dikarang bebas tanpa aturan apa pun.

Pengertian Prosa

Suatu karya sastra yang bentuknya tulisan bebas dan tidak terikat dengan berbagai aturan dalam menulis seperti rima, diksi, irama, dan lain sebagainya.

Sejarah Prosa

Sejarah (tambo), adalah salah satu bentuk prosa lama yang isi ceritanya diambil dari suatu peristiwa sejarah. Cerita yang diungkapkan dalam sejarah bisa dibuktikan dengan fakta. Selain berisikan peristiwa sejarah, juga berisikan silsilah raja-raja. Sejarah yang berisikan silsilah raja ini ditulis oleh para sastrawan masyarakat lama. Contoh: Sejarah Melayu karya datuk Bendahara Paduka Raja alias Tun Sri Lanang yang ditulis tahun 1612.

Baca juga : Pengertian Peribahasa

Ciri ciri Prosa

1. Bentuknya Bebas
2. Memiliki Tema
3. Mengalami Perkembangan
4. Terdapat Urutan Peristiwa
5. Terdapat Tokoh di Dalamnya
6. Memiliki Latar
7. Terdapat Amanat
8. Pengaruh Bahasa Asing
9. Nama Pengarang

Related posts