Contoh Peribahasa Pameo

Contoh Peribahasa Pameo

kumpulanperibahasa.web.id – Contoh Peribahasa Pameo, peribahasa yang berisi semboyan. Fungsi dari pameo adalah mengobarkan suasana.

Pameo juga dijadikan sebagai sarana untuk menyindir atau juga sebagai bahan olok-olokan, seperti hanya contoh teks anekdot, ataupun jenis-jenis pantun.

Baca juga : Contoh Peribahasa Ungkapan

Contoh peribahasa pameo:

  1. Pantang pulang sebelum tumbang. (artinya: pantang menyerah sebelum meraih kesuksesan)
  2. Pantang pulang sebelum padam. (artinya: pameo ini merupakan motto dari pemadam kebakaran yang artinya kurang lebih jangan menyerah/jangan pulang sebelum kebakaran dapat dipadamkan)
  3. Malu bertanya sesat di jalan. (artinya: orang yang malu bertanya kepada ahlinya atau kepada orang berilmu akan tersesat atau tidak mendapat pengetahuan yang diinginkan)
  4. Maju terus pantang mundur. (artinya: jangan menyerah dan terus berjuang)
  5. Banyak bekerja, sedikit bicara. (artinya: sebagai manusia, kita harus lebih banyak bertindak atau bekerja dibanding dengan berbicara)
  6. Sekali tidak tetaplah tidak! (artinya: ketika suatu hal telah ditolak, maka jangan ada tawar menawar lagi setelahnya)
  7. Patah tumbuh, hilang berganti. (artinya: sesuatu yang hilang atau pergi pasti akan ada penggantinya)
  8. Murah di mulut, mahal di timbangan. (artinya: janji lebih mudah diucapkan, tetapi sulit ditepati)
  9. Ibarat menuang minyak ke api. (artinya: orang yang sengaja menyusahkan dirinya sendiri)
  10. Gantungkan cita-citamu setinggi langit. (artinya: milikilah cita-cita yang tinggi, itu hal yang mustahil di mata orang banyak)

Related posts

Leave a Comment